11 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Yang Belum Kalian Ketahui



11 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Yang Belum Kalian Ketahui - Pengertian Puasa adalah Menahan diri rasa lapar, Haus, kemarahan, perbuatan tidak baik,hal-hal negatif dan semua hal-hal yang membatalkan puasa dari fajar hingga matahari terbenam. Puasa wajib untuk Muslim adalah sebulan selama bulan Ramadhan. Selain itu ada beberapa wajib puasa dan puasa pada saat yang telah disunat. Yang Umum adalah puasa Senin-Kamis. Selain menjadi sebuah kewajiban, ternyata menjalankan puasa itu juga bermanfaat bagi kesehatan.

11 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Yang Belum Kalian Ketahui

Manfaat dari puasa bagi kesehatan tidak hanya menjadi isapan jempol belaka, tetapi hal ini menunjukkan secara empiris melalui berbagai penelitian yang dilakukan oleh banyak ilmuwan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Satu oleh Dr. Widodo Judarwanto Sp. Ia menulis sebuah buku berjudul 20 keajaiban berpuasa pada kesehatan manusia juga dipublikasikan pada halaman Kompas.com. Walaupun kata "Miracle" adalah benar-benar tidak sesuai karena mujizat-mujizat yang khusus untuk paranabi.

Manfaat Dari Puasa Bagi Kesehatan
Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi Muslim karena bulan Muslim di seluruh dunia hidup puasa. Bulan, Semua ibadah kita akan dikalikan pahala. Selama waktu ini, banyak dari kita menjalankan puasa hanya untuk memenuhi kewajiban kita sebagai seorang muslim. Tanpa mengetahui maksud dan manfaat di balik pelaksanaan puasa. Seiring dengan perkembangan manusia pengetahuan dalam ilmu-ilmu kesehatan, lembut dikenal ternyata sangat cepat besar manfaat bagi kesehatan tubuh dan laki-laki rohani.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pada saat berpuasa, tubuh meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) dan Apoprotein Alpha 1, serta angka penurunan LDL (Low Density Lipoprotein). Sering juga dikenal sebagai, HDL merupakan good cholesterol, tubuh Anda membutuhkan, sedangkan LDL merupakan bad cholesterol yang membahayakan tubuh. Peningkatan penurunan HDL dan LDL adalah kondisi yang baik bagi tubuh manusia. Dan itu terjadi pada saat berpuasa.

Tinggi kadar LDL dalam darah sangat berbahaya bagi kesehatan jantung karena dapat menyebabkan plakat dan menyebabkan penyempitan pembulu darah koroner. Sebagai hasil dari jantung akan menjadi kesulitan dalam memompa darah. Seperti kondisi yang dikenal sebagai penyakit arteri koroner. Dengan risiko puasa dapat ditekan atau dimimalisir karena ketika itu berpuasa mampu menurunkan kadar LDL. Maka sangat tepat jika beberapa mengatakan puasa dapat menjaga kesehatan jantung.

2. Menjaga Kesehatan dan Meningkatkan Kinerja Otak

Seorang ilmuwan di bidang neurologi bernama Mark Mattson, Ph.d, yang juga kepala laboratorium neuroscience di National Institute on NIH penuaan pernah melakukan penelitian terhadap manfaat berpuasa pada kesehatan otak. Sebagai akibatnya, puasa dapat secara signifikan melindungi otak dari penyakit seperti Alzheimer de-generative atau Parkinson.

Aktivitas cepat juga dapat meningkatkan neurotropik mampu mampu membantu tubuh Anda untuk menghasilkan lebih banyak sel-sel otak, sehingga dapat meningkatkan fungsi dan kinerja otak. Puasa dapat juga membantu membuat pikiran Anda tenang, yang dengan demikian membuat pikiran menjadi lebih fokus dan tajam.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain diet dan gaya hidup, tingkat stres yang tinggi dapat memcu terjadinya tekanan darah tinggi hipertensi alias. Salah satu fungsi puasa adalah menenangkan pikiran untuk menghindari stres yang dapat semakin menurunkan resiko terkena tekanan darah tinggi. Pola makan yang berubah menjadi sehat selama puasa juga mendukung terhindarnya penyakit tekanan darah tinggi.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kelaparan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan memicu munculnya berbagai peyakit. Namun, puasa adalah justru sebaliknya. Sedangkan berpuasa, tubuh memproduksi lebih limfosit sangat berguna sebagai penjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan lebih limfosit, sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan tubuh mampu menghindari virus dan bakteri penyebab penyakit.

5. Meningkatkan S3ksual Hormon

Studi menunjukkan bahwa di minggu pertama puasa, kejantanan hormon (stimulan testosteron, kantung (FSH) dan lemotin (LH)) akan menurun. Tapi dalam jangka panjang, hormon ini justru megalami peningkatan sesudahnya. Itu juga hasil dalam meningkatkan performa seksual terhadap orang-orang yang rajin dalam puasa dalam jangka panjang.

6. Meningkatkan Kinerja Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ-organ vital yang harus selalu diprhatikan kesehatannya. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal adalah cepat. Penelitian menunjukkan bahwa selama puasa, konsentrasi di ginjal meningkat urne yang juga menyebabkan meningkatnya kekuatan urin mencapai 12.000 osmosis osmosis ml/kg air. Kondisi sangat baik untuk kesehatan ginjal dan dapat meningkatkan kinerja dan fungsi ginjal.

7. Jalankan Sistem Pencernaan

Manfaat puasa berikutnya melancarkan pencernaan. Dengan berpuasa, organ pencernaan memiliki waktu istirahat yang lebih lama. Tapi fungsi fisiologis pencernaan masih berjalan normal, terutama produksi sekresi pencernaan. Kondisi seperti ini mampu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan membantu sistem pencernaan dari sisa-sisa makanan mengendap. Puasa juga dapat membantu sistem pencernaan dalam revitalisasi dan meningkatkan fungsionalitas.

8. Mengurangi Gula Darah dan Lemak

Sampul gula dan lemak dalam tubuh adalah dua hal yang dapat menyebabkan obesitas alias kegemukan. Ternyata bahwa keduanya dapat dikurangi dengan berpuasa. Selama puasa gula dan lemak dibakar untuk memperoleh energi, sehingga sangat cocok untuk orang yang sedang dalam program penurunan berat badan.

9. Menjaga Kesehatan Mental Anda

Diungkapkan oleh Dr. Ehret ilmuwan bidang psikiatri, bahwa di dalam otaknya, manusia memiliki fungsi pembersih dan penyehat otak dengan bantuan dari sel-sel yang disebut "sel-sel neuroglial". Selama puasa, neuron sel-sel yang sakit atau mati akan "dimakan" oleh sel-sel neurogial. Kondisi ini memiliki dampak keduanya pada orang mental. Selain itu beliau menyebutkan, untuk mendapatkan kesehatan fisik seseorang dapat cepat dalam beberapa hari berikutnya. Namun, untuk mendapatkan kesehatan mental, salah satu harus cepat lebih dari 21 hari. Pernyataan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa puasa waktu selama bulan Ramadhan sebulan penuh menggemakan tidak bisa jadi sarana untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan mental.

10. Membuang Racun Dalam Tubuh (Detoksifikasi)

Dengan kelimpahan dari asupan makanan ke dalam tubuh yang kadang-kadang makanan yang tidak sehat, sangat wajar ketika dalam tubuh manusia ada penumpukan racun yang dapat memicu penghancuran berbagai penyakit. Selai itu, radikal bebas yang berasal dari lingkungan seperti polusi udara dapat memperburuk situasi. Maka itu harus diperlukan adanya program untuk menghilangkan racun. Sebagian besar racun ini menumpuk di lemak tubuh. Seperti kita ketahui, salah satu manfaat dari puasa adalah untuk menghilangkan lemak tubuh dengan baking mereka saat berpuasa. Pembakaran lemak tubuh selain pelangsing tubuh juga dapat membantu menghilangkan racun.

11. Manfaat Dari Puasa Untuk Penderita Artritis

Radan sambungannya (Rheumatoid Arthritis) atau istilah yang umum dikenal sebagai asam urat adalah penyakit yang bisa menyerang orang-orang di usia lanjut. Dengan cepat penyakit ini dapat dihentikan, karena metabolisme tuuh berjalan lancar dan racun dalam tubuh yang dihapus.

12. Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyak orang mengalami kegemukan dan bingung bagaimana menurunkan berat badan. Ketika solusi telah sangat jelas, dengan berpuasa. Dimana ada orang-orang yang rajin dalam puasa melar nya? Mana?

13. Menurunkan Adrenalin

Sementara keadaan psikologis puasa seseorang menjadi lebih tenang. Kondisi ini memicu perlambatan dalam produksi adrenalin dalam tubuh. Penurunan jumlaha drenalin sangat baik untuk kesehatan tubuh. Adrenalin peningkatan produksi akan menyebabkan kesehatan beberapa masalah seperti itu dan meminimalkan kontraksi empedu, mengalami penyempitan pembuluh darah perifer yang, pembuluh darah koroner memperluas, meningkatkan tekanan darah arteri dan meningkatkan volume darah jantung dan jumlah denyut jantung. Berbagai kondisi dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

Manfaat dari puasa bagi kesehatan sangat banyak dan itu sangat penting untuk mengetahui. Itu tidak sia-sia Tuhan menyuruh rakyatnya untuk memegang cepat lapar, Haus dan nafsu dengan berpuasa. Ternyata bahwa itu adalah tepat untuk manusia itu sendiri. Berbagi artikel ini untuk saudara-saudaramu, teman dan keluarga Anda sehingga mereka akan lebih memahami manfaat dan arti yang sesungguhnya dari puasa.

Baca Juga: Aneka Resep Saur Dan Buka Puasa Sederhana 

Semoga dengan postingan diatas yang berjudul 11 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Yang Belum Kalian Ketahui dapat bermanfaat untuk sobatku semuanya. Dan apabila artikel ini sangat bermanfaat cobalah untuk berbagi di facebook ataupun media social lainnya. Dan jangan lupa juga untuk selalu berkunjung diblog ini, karena setiap harinya akan selalu update artikel yang lebih menarik lagi. Sumber: http://manfaatnyasehat.com/

0 Response to "11 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Yang Belum Kalian Ketahui"

Posting Komentar