Cara Menghitung Kalori Harian Berat Badan Ideal

Cara Menghitung Kalori Harian Berat Badan Ideal  - Selain olahraga teratur, keseimbangan gizi juga kunci untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh harus ada kekurangan atau kelebihan. Nah, agar Anda dapat mengontrol jumlah kalori tubuh Masuh, mencari tahu terlebih dahulu dari kebutuhan kalori harian Anda.

Bahkan banyak dibutuhkan kalori tubuh untuk menghasilkan energi. Namun, jika berlebihan di dalam tubuh, namun dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung koroner dan diabetes.

Jadi Anda dapat membatasi kendali kalori dalam tubuh Anda. Berikut cara mudah menghitung kebutuhan kalori harian yang dapat diterapkan di rumah sebagai acuan dalam program diet.diet tidak bisa dipisahkan dari menghitung kalori sehari, Mengapa? Ini akan menentukan seberapa besar kinerja yang diinginkan dan waktu yang dibutuhkan untuk jatuh, naik berat badan Anda.

Cara Menghitung Kalori Harian Berat Badan Ideal

Metode saya mengambil metode sederhana, rumus Harris-Benedict untuk menentukan kebutuhan kalori sebenarnya dengan berat badan yang ideal dan kemudian mencoba untuk membandingkan dengan metode uji analisis impedansi biometrik (BIA) dengan menggunakan Tanita skala.

1. Metode Sederhana

Ini adalah rumus sederhana untuk memperkirakan kebutuhan kalori dalam sehari saya lakukan dan juga cukup sering digunakan untuk membuat perhitungan cepat.

Kalori Harian = Berat Badan ( kg ) X Level Aktivitas Fisik


Level Aktivitas Fisik
Perempuan

31 =
Tidak aktif dan tidak ada olahraga

32 =
Cukup aktif dan berolahraga 1 sampai 3 kali perminggu

33 =
Aktif dan berolahraga 3 sampai 5 kali perminggu
Pria

34 =
Tidak aktif dan tidak ada olahraga

35 =
Cukup aktif dan berolahraga 1 sampai 3 kali perminggu

36 =
Aktif dan berolahraga 3 sampai 5 kali perminggu


2. Formula persamaan Harris Benedict.

Anda perlu menemukan kalori dalam sehari dengan menggunakan persamaan Harris-Benedict, yang mengambil langkah lagi sebelum kami akan menghitung berat badan ideal, tingkat metabolisme basal (BMR).

2.1 Hitung Berat Ideal (BBI)

Untuk menentukan bagaimana target berat, maka pertama Anda harus tahu dulu apa berat badan ideal Anda, Anda ingin mencapai dan menjadi tujuan Anda selama diet penurunan berat badan. Berat badan ideal dapat dihitung dengan menggunakan rumus yang diberikan kelonggaran untuk 10%, tergantung pada ukuran dan komposisi tubuh bingkai, otot dan lemak dengan rumus berikut:

Berat Badan Ideal ( BBI ) = Tinggi Badan – 100
Atau
Berat Badan Ideal ( BBI ) = 90% ( Tinggi Badan – 100 )

2.2 Hitung tingkat metabolisme basal (BMR)


Perhitungan kebutuhan kalori basal merupakan jumlah kalori yang dibutuhkan secara manusia untuk hidup tanpa aktivitas apapun. Rumus estimasi untuk menentukan kebutuhan kalori basal dengan menggunakan persamaan Harris-Benedict.

Kalori Basal ( BMR )
Pria = 88,362 + ( 13,397 x BBI ) + ( 4,799 x TB ) – ( 5,677 x Usia )
Wanita = 447,593 +( 9,247 x BBI ) + ( 3,098 x TB ) – ( 4,33 x Usia )
Kalori Harian = BMR x Aktivitas Fisik

Level Aktivitas Fisik BMR
1,2  =
Tidak Aktif
1,375 =
Cukup Aktif  berolahraga 1 sampai 3 kali seminggu
1,55 =
Aktif  berolahraga 3 sampai 5 kali seminggu
1,725 =
Sangat Aktif  berolahraga 6 sampai 7 kali seminggu
Setelah menghitung besar BMR, hasilnya kemudian dikalikan dengan Level Aktivitas Fisik untuk memperoleh kebutuhan kalori harian, sering disebut dengan Total Daily Energy  Expenditure ( TDEE ), atau Total  Energy Expenditure ( TEE ).

Contoh Kasus: Menurunkan Berat Badan
Pria
Ade mempunyai  Berat Badan Actual = 80 kg, Kerangka tulang cukup besar, Tinggi Badan = 165 cm, Umur = 34 tahun, aktifitas fisik  tidak aktif , maka Total  Daily  Energy  Expenditure ( TDEE ) adalah:

A. Metoda sederhana
A.1 Kebutuhan Kalori Harian untuk Berat Badan Actual
            = Berat Badan Actual x Aktifitas Fisik
= 80 x 36 = 2880 kcal
B.2 Kebutuhan Kalori Harian untuk Berat Badan Ideal
= Berat Badan Ideal x Aktifitas Fisik
= 65x 36 = 2340 kcal
Kelebihan atau Surplus kalori 2880 - 2340 = 540 kalori perhari

B. Rumus Harris Benedict
B.1 Berat Badan Berat Badan Ideal
Berat Badan Ideal = Tinggi Badan - 100  =  165-100 = 165 cm
B.2 BMR Berat Badan actual                                                                     
BMR actual     = 88,362 + ( 13,4 x BB actual ) + ( 4,8 x TB ) – ( 5,7 x Usia )
                         = 88,362 + ( 13,4 x 80  ) + ( 4,8 x 165 ) – ( 5,7 x 34 )
                         = 1758.9 kcals
Kebutuhan Kalori Harian = 1758.9 x 1,2 = 2110,7=2111 kcal
B.3 BMR Berat Badan  ideal
BMR Ideal      = 88,362 + ( 13,4 x BBI ) + ( 4,8 x TB ) – ( 5,7 x Usia )
                         = 88,362 + ( 13,4 x 65 ) + ( 4,8 x 165 ) – ( 5,7 x 34 )
                         = 1558,25 kcals
Kebutuhan Kalori Harian  = 1558,25 x 1,2 = 1869,9=1870 kcals

Untuk mencapai berat ideal.
Si Ade dengan kebutuhan kalori harian untuk berat badan actual sebesar 2111 kcals, sementara untuk Kebutuhan kalori harian untuk berat badan ideal sebesar 1870 kcals, Jadi selisihnya atau kelebihan kalori 240 kcals perhari

Bagaimanacara untuk mengatur mengurangi kelebihan kalori harian tidak berdampak pada kesehatan, mallnutrisi, dan untuk menentukan target berapa lama program diet Anda .

Perbandingan Hasil Perhitungan Rumus sederhana, Harris Benedict Dengan Biometrical Impedance Analysis (BIA) dengan pengukuran dengan mengunakan timbangan TANITA.

Metoda ini saya ambil dari beberapa kali pengecekan kemudian saya ambil hasil rata-rata sebagai perbandingan untuk menentukan rumus mana yang mempunyai tingkatan akurasi yang baik. Dari hasil timbangan saya memperoleh BMR berat badan ideal sebesar 1668 kcal yang hampir mendekati persamaan rumus  Harris Benedict.

kesimpulan
► rumus sederhana tingkat akurasi sangat rendah.
► rumus Harris-Benedict tingkat akurasi yang baik, untuk mengetahui berapa banyak kalori kekurangan atau kalori surplus.
► analisis impedansi biometrik (BIA) dengan skala Tanita, hasilnya hanya memperkirakan BMR untuk berat badan ideal, tanpa tingkat aktivitas dan tidak berat aktual BMR.

Hasil perhitungan di atas bukanlah indikator utama dan dapat mengubah nilai ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk metabolisme tubuh dan faktor genetik. Kemudian, hasil aktual dapat berubah dengan toleransi 10 sampai 20% lebih tinggi atau lebih rendah, meskipun identik dengan tubuh. Untuk seperti yang telah melihat perkembangan perubahan tubuh Anda jika perubahan yang diperlukan untuk kembali banyak sudah perhitunggan kebutuhan sehari-hari.

Tag: Cara Menghitung Kalori Harian Berat Badan Ideal,cara menghitung berat badan ideal sesuai tinggi badan,cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur,cara menghitung berat badan ideal anak,cara menghitung berat badan ideal laki laki,cara menghitung berat badan ideal bayi,cara menghitung berat badan ideal remaja,cara menghitung berat badan ideal ibu hamil,cara menghitung berat badan ideal perempuan


Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Cara Menghitung Kalori Harian Berat Badan Ideal dapat bermanfaat untuk sobatku semuanya. Dan apabila artikel ini sangat bermanfaat cobalah untuk share pada facebook ataupun media social lainnya. Sumber: http://trikmudahdiet.blogspot.co.id/

0 Response to "Cara Menghitung Kalori Harian Berat Badan Ideal "

Posting Komentar