Waspada, Ini Dia Penyakit Mematikan Yang Disebabkan Gigitan...

Waspada, Ini Dia Penyakit Mematikan Yang Disebabkan Gigitan... Di sini semuanya pasti pernah terganggu sama yang namanya nyamuk. Selain sangat ganggu, serangga ini bisa membawa banyak penyakit berbahaya untuk kita semua. Satu saja gigitan nyamuk, bisa mengancam nyawa . Memberantas nyamuk juga bukannya mudah dilakukan, soalnya serangga ini bisa berkembang biak dengan begitu mudah.

Sampai-sampai Kementerian Kesehatan dan WHO menggembar-gemborkan pencegahan nyamuk “Small Bite, Big Threat” (gigitan kecil, ancaman besar), bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat luas tentang bahaya nyamuk dan gigitannya. Kebayang kan, bagaimana bahayanya serangga ini, apalagi untuk anak-anak .

Waspada, Ini Dia Penyakit Mematikan Yang Disebabkan Gigitan...

Salah satu penyakit diakibatkan nyamuk yang paling kita sering dengar adalah DBD. Penyakit mematikan ini masuk sebagai faktor kematian anak terbesar di Asia dan Amerika Selatan! Secara medis, DBD itu terjadi karena sel darah dalam tubuh diserang oleh virus yang dibawa oleh nyamuk, sehingga terjadi pendarahan berbahaya dalam tubuh. Seremnya, sampai sekarang belum ada vaksin yang berhasil ditemukan untuk pencegahan penularan DBD.

Ini gejala-gejala demam berdarah yang harus selalu kita waspadai:
1. Demam tinggi mendadak, bisa sampai 40°C
2. Nyeri di belakang mata, sendi otot, dan/atau tulang
3. Sakit kepala hebat tak tertahankan
4. Ruam di sebagian besar tubuh
5. Pendarahan ringan dari hidung (mimisan) atau gusi

Nah, kalau gini mesti waspada ya…. Jika agan atau orang terdekat mengalami gejala2 tersebut, langsung pergi ke dokter, jangan pernah menyepelekan gejala2 ini karena bisa berakibat fatal!

Yang bisa ane sarankan untuk pencegahan DBD, lakukanlah 3M plus di rumah dan pakailah kelambu di kamar saat tidur, gunakan juga baju dan celana panjang untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk. Kamu juga bisa gunakan air purifier yang ampuh mencegah nyamuk. Mencegah lebih baik dari mengobati, gan...

Apa di sini ada yang punya pengalaman dengan penyakit DBD? Atau punya cara sendiri untuk mencegah DBD? Share di bawah, ya!

0 Response to "Waspada, Ini Dia Penyakit Mematikan Yang Disebabkan Gigitan..."

Posting Komentar